Kejutan untuk Jane merupakan karya pertama dari Cheryl Kanza Athalia yang diterbitkan oleh Penerbit Edelweiss. Kemampuan imajinasinya patut diacungi jempol.

Jane yang nama lengkapnya Hermione Jane Marradone Fanielle iri karena kedua adiknya di-‘manja’ dengan berbagai mainan dan tivi sementara ia harus belajar terus dan terus. Padahal, kedua adiknya hanya saudara angkat.

Iri hati Jane berubah menjadi dengki. Ia begitu membenci kedua adiknya, apalagi kedua adiknya itu selalu nakal dan mengusili Jane.

Kebencian Jane semakin menjadi-jadi. Jane sampai berharap kedua adiknya itu pergi jauh-jauh dari hidupnya.

Suatu ketika, terjadi peristiwa yang benar-benar mengejutkan. Kedua adik Jane tewas dalam kecelakaan pesawat saat akan berlibur ke Indonesia. Kedua orangtua Jane yang juga ikut dalam penerbangan itu selamat. Tapi, akibat benturan yang keras, ibu Jane terpaksa harus melahirkan secara prematur.

Adik Jane, Mario, tidak bisa melihat.

Sedih, senang, suka, duka bercampur jadi satu. Di situlah Jane mulai belajar untuk mensyukuri apa pun yang dia punya atau yang diperolehnya.

Tanpa sepengetahuan Jane, ternyata sebelum tewas karena kecelakaan, kedua adiknya menulis sebuah surat dan hadiah untuk Jane. Kedua orangtuanya pun memberi kejutan untuk Jane di saat ulang tahunnya. Jane pun akhirnya mengerti bahwa semua orang; Mom, Dad, dan kedua adiknya menyayanginya.

Cheryl dengan lincah mampu merangkai imajinasinya dalam untaian kata dan kalimat yang menarik dan enak dibaca. Selain itu, Cheryl bisa menyesuaikan imajinasinya dengan perkembangan gadget terkini dan bisa menggunakannya dengan tepat. Mulai dari Blackberry, Android, skype, dan yang lainnya.

Oh ya, melalui kisah Jane, Cheryl mengajak pembaca untuk mensyukuri apa pun yang kita punya di dalam hidup ini. Berbagai peristiwa yang terjadi di dalam hidup seseorang merupakan bagian dari perjalanan hidup yang patut disyukuri.

“Ketika kehidupan memberi seribu alasan untuk menangis, tunjukkan bahwa kita punya sejuta alasan untuk tersenyum. ….”

Happy reading!
-sp-