GIGANTO:
Primata Purba Raksasa di Jantung Borneo

Pengarang: Koen Setyawan
Format: 13 x 20,5 cm
ISBN: 978-979-19624-7-6
Jumlah halaman: 448
Harga: Rp 20.000,-
Terbit: 28 Agustus 2009

“Cerdas!”
Andrea Hirata, Penulis Tetralogi Laskar Pelangi

“Buku ini merangkum pengetahuan, legenda, mitos tentang primata purba, dikemas dalam bentuk sebuah cerita, sehingga sangat menarik untuk dibaca. Saya seperti sedang membaca sebuah novel petualangan, padahal sesungguhnya saya sedang belajar tentang palaentologi sekaligus evolusi primata.”
Effendy A. Sumardja
Ketua Pengurus Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo
(The Borneo Orangutan Survival Foundation)

Sinopsis
Serangkaian kejadian misterius berlangsung di jantung rimba Kalimantan. Seorang bocah hilang yang mengaku diselamatkan raksasa mitologi, seorang peneliti orangutan yang kehilangan objek penelitiannya, seorang antropolog yang ambisius, seorang pemburu legenda yeti dari Vietnam, dan seorang bekas pemburu liar yang telah bertobat. Semuanya bersatu dalam sebuah tim gabungan. Tujuannya adalah menemukan kembali seorang peneliti orangutan yang hilang secara misterius di Hutan Larangan, hutan hujan tropis alami yang tersembunyi dari mata dunia luar selama ribuan tahun oleh larangan kuno yang melibatkan perjanjian zaman batu antara ras manusia dan ras primata raksasa, Gigantopithecus blacki, kera raksasa setinggi 3 meter yang dianggap punah seratus ribu tahun yang lalu.

Dipimpin oleh Chaudry Teja dan dipandu oleh Erwin Danu, tim itu menantang tabu kuno, menyusuri sungai berarus liar, menjejak bukit karang nan terjal, berdebar menembus jantung Hutan Larangan. Ketika menginjakkan kaki di sana, mereka bukan saja menemukan sebuah dunia yang hilang, melainkan juga harus berhadapan langsung dengan sang makhluk mitologi itu sendiri. Peristiwa-peristiwa selanjutnya merubah masa depan surga kalimantan terakhir itu untuk selamanya.